Augmented Reality (AR) mengacu pada penelitian komputer yang bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi yang menggabungkan informasi dunia nyata dengan informasi digital. Augmented Reality masih sedang dalam masa pengembangan, namun banyak futuris dan peneliti mengharapkan agar dapat dapat diaplikasikan pada tahun 2010-an atau 2020-an.
Tujuan utama dari sistem Augmented Reality akan berwujud sebagai sebuah kacamata atau proyektor retina yang akan menyediakan tampilan informasi yang relevan, dipetakan ke lingkungan sekitarnya secara realtime. Misalnya, saat melihat sebuah restoran dengan kacamata Augmented Reality, maka satu panggilan otomatis langsung ke database review, atau menu dari website restoran tersebut. Seorang ilmuwan yang bekerja pada perusahaan farmasi bisa menggunakan kacamata untuk menampilkan model 3D dari berbagai molekul dan menggunakannya untuk memvisualisasikan obat yang lebih baik. Anak mungkin menggunakan jaringan yang terhubung kacamata AR untuk bermain video game kehidupan nyata yang memungkinkan menembakkan “laser” dari tangan mereka. Meski kemungkinannya agak terbatas.
Augmented Reality bergantung pada kemajuan teknologi miniaturisasi dan komputasi bergerak (mobile computing). Saat ini, teknologi sistem proyeksi yang efektif dan komputer kecil dan cepat masih kurang matang untuk benar-benar dapat membuat antarmuka Augmented Reality yang efektif, walaupun kita sudah semakin dekat pada kesempurnaan dengan riset yang dilakukan terus-menerus oleh para ahli. Purwarupa telah banyak dibuat selama beberapa dekade, tetapi produk utama yang benar-benar layak belum ada. Salah satu teknologi yang menjanjikan adalah proyeksi retina – laser bertenaga rendah melakukan proyeksi gambar langsung ke retina, sehingga kacamata tidak digunakan lagi. Sistem proyeksi retina komersial sebenarnya sudah ada, namun resolusi dan palet warnanya masih sangat rendah.
Augmented Reality saat ini sebenarnya sudah ada dalam bentuk yang belum sempurna. Misalnya, komentator olahraga sering menggunakan pena cahaya untuk “menggambar” di lapangan sepak bola untuk memberikan bantuan visual untuk rekan komentatornya. Contoh lain adalah gambar iklan yang sering tampil dilapangan bulutangkis ketika ditayangkan di TV, seakan gambar iklan ini melekat pada lapangan. Gambar iklan sponsor ini terus berganti-ganti selama pertandingan. Ini menunjukkan bukti dari konsep AR meski masih terbatas tentunya.
Salah satu purwarupa yang dikembangkan di jepang adalah StarkHUD, berikut cuplikannya, silahkan buka YouTube.com dan cari kata kunci “Augmented Reality”
Entri Populer
-
INTEGRATED ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL OF AL-AZHAR FINAL EXAM STUDY OF EVEN SEMESTER 2011/2012 Highway Pacet KM.09 Simbaring...
-
INTEGRATED ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL OF AL-AZHAR FINAL EXAM STUDY OF EVEN SEMESTER 2011/2012 Highway Pacet KM.09 Simbarin...
-
INTEGRATED ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL OF AL-AZHAR FINAL EXAM STUDY OF EVEN SEMESTER 2011/2012 Highway Pacet KM.09...
-
INTEGRATED ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL OF AL-AZHAR FINAL EXAM STUDY OF EVEN SEMESTER 2011/2012 Highway Pacet KM.09 Simbaring...
-
Rukun Islam dan Rukun Iman ISLAM adalah Agama yang telah diturunkan oleh ALLAH SWT kepada Nabi Muhammad s.a.w. yang merupakan seorang Nabi...
-
INTEGRATED ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL OF AL-AZHAR FINAL EXAM STUDY OF EVEN SEMESTER 2011/2012 Highway Pacet KM.09 Simbaring...
-
TIRTA MAMA Suppliyer Air Sumber Pegunungan & Melayani Pemasangan Depo Isi Ulang PROMO : MESIN ALAT DEPOT AIR LENGKAP +...
-
Augmented Reality (AR) mengacu pada penelitian komputer yang bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi yang menggabungkan informasi ...
-
Mengenal Teknologi HARD DISK Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan met...
-
Pengertian Komputer Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garap...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar